Report Turney YUGIOH Corona Series 2020

Halo, sudah lama sejak terakhir kali saya update tentang yugioh. Hal ini karena kesibukan saya yang membuat kartu-kartu yugioh di rumah nganggur dan tidak terpakai.

Di masa Corona ini, karena lebih banyak waktu luang, banyak yang membuat turnamen online dengan menggunakan platform duelingbook.com sebagai tempatnya. Ohiya yang belum tau, duelingbook ini adalah tempat bermain yugioh yang manual. Berbeda dengan game yugioh yang mungkin biasanya kamu mainkan (contoh: ygopro, edopro, nexus) disini kedua player manual menggerakan kartunya. Sehingga sangat mirip dengan duel di kehidupan nyata.

Selain itu juga karena ini free-entry saya coba ikut karena diajak oleh teman teman bandung duelist saat itu. Kebetulan juga disaat-saat itu saya jadi mulai sering juga bermain yugioh online bersama beberapa teman.

Perbedaan bermain yugioh online adalah kamu bisa menggunakan kartu apapun. Kartu yang hanya bisa kamu mimpikan di dunia nyata (karena mahal) bisa bebas kamu gunakan di online. Bahkan kamu bisa menggunakan deck meta yang harganya jutaan itu.

Cyber Dragon Deck

Awalnya saya ingin menggunakan deck "Cyber Dragon Going Second" Karena memang kalau dilihat konsistensinya sangat bagus dan bisa memecah board lawan dengan mudah dengan membawa banyak kartu mahal.

Akan tetapi di akhir, seorang senior duelist berkata jika yugi itu bukan urusan menang kalah, tetapi urusan fun. Jika kamu gak fun itu bukan yugi. Selain itu, kalau kamu gunakan banyak kartu jago, bukan kah itu PMB? (Pengen menang banget)?

Kalimatnya itu sangat terngiang. Karena ya saya juga malu kalau menggunakan terlalu banyak kartu mahal yang gabisa saya beli di dunia nyata. Akhirnya saya memutuskan duel dengan menggunakan deck "PaleoFrog Still Alive"

PaleoFrog Still Alive

Deck ini tentunya sudah dipandang sebelah mata karena kartu bossnya, "Toadally Awesome" Sudah dipotong jadi cuman 1. Tapi menurut saya sebagai pengguna deck ini juga di real life, saya hanya menggunakan 2 copy kartu ini. Dan itupun kebanyakan hanya keluar sekali!!! Jadi kesimpulan saya, 1pun sudah cukup

Oke pairing dimulai!!!

Pairing 1 vs Radian Agusta (Earth Machine)

Sedikit penjelasan, deck ini sebenarnya adalah gabungan archtype machine dengan attribut earth yang terdiri dari Train, Machina, dan infinitrack. Dan kalau saya gak salah, style utama dia adalah bermain Train

Game 1
Lawan berkombo-kombo ria dan saya tidak ada interupsi. Untungnya saya pernah melihat jika deck jenis ini tujuannya adalah membuat "Machina Citadel" Yang merupakan raigeki berjalan. Dan juga membuat true king vfd.

Saya bahkan ketar-ketir saat melihat Citadel sudah ada di graveyard. Karena dia bisa ss dirinya sendiri. Kombo lawan diakhiri dengan 1 Train yang bisa unaffected, 1 monster saya lupa dan 1 link yang bisa ss dari kuburan dan set 2 kartu spell/trap.

Disini saya takut dia ss Citadel dengan monster link nya. Tapi saya rasa dia miss play karena monster link harus cost discard, sedangkan dia set semua kartunya. Sehingga saya hanya bisa buat 1 kodok + set 3 kartu dan saya bisa battle link nya.

Dari situ saya merasa aman dengan backrow lumayan dan ada dupe frog. Tapi lawan mau OTK dengan boss monster Train. Setelah dia efek dia bisa nyerang 3x dengan ATK 6k. Tapi seperti yang saya bilang, saya merasa aman. Saat dia mau menyerang, saya punya paleo canadia si book of moon. Dia pun gagal dan end phase. Karena dia mau apa apa saya niget

Next turn saya punya combo baru sih. Karena di standby phase, keluar swap frog, disana saya mulai bermain. Saya terus ss ronin dan link clib. Combonya saat link climb bisa pake scape goat/ ronin. Dan saat link climb bisa ss link yang membersihkan field lawan seperti knightmare package dan security dragon. Dengan kombo itu field nya lumayan kosong dan dengan  aman saya OTK balik dengan borrelsword.


Game 2
Lawan kayaknya agak bad hand. Combonya kurang jalan. Ampe akhirnya berusaha bikin solusi dengan ss platinum gadget dan disitu kena imperm dan langsung end phase.

Next turn saya set banyak. Dan saya ketarik siding lava golem dan artifak. Kenapa pake lava golem? Karena saya cuman pake imperm di hand trap. Kenapa pake artifak? Karena saya ampe bawa 3 judgement karena takut evenly. Jadinya total 9 kartu bisa lawan evenly. Tapi karena lawan ada banyak kartu di field nya, saya ss scyth dan bener aja lawan gak bisa main tanpa extra deck.

Next turnnya mau apa apa diganggu. Dia pasang field 2x, kena paleo mst juga 2x. Dia mau normal summon ada judgement sama solemn strike. Hal itu kayaknya bikin lawan males dan skup.

Result: OO


Pairing 2 Vs Tegar (Dino Strong)

Tegar ini juga teman di bandung duelist. Dia pengguna setia dino. Yang sering banget duel dengan saya di real life. Makanya dia tau banget playing style ku.

Disini saya sedikit badmood karena saya kalah dc padahal saya first dan paleo going first dan paleo going first is going to win hehe

Tapi ya apa mau dikata. Tegar juga akhirnya jadi juara di Turney ini. Kalau saja aku tidak DC, bisa aja dia gak juara hehe



Pairing 3 Vs Devin (Generaider)

Ternyata ku baru sadar kalau lawan anak bandung duelist lagi!!! Decknya ini generaider, deck baru yang jadi jago banget karena support barunya yaitu lopitir. Bisa swarming dengan cepat karena field nya

Game 1
Lawan ambil first dan dia main banget dimana field terakhirnya lopitir bersama token tokennya dan set card. Waktu giliranku, di draw phase aku imperm si lopitir sehingga dia kaget dan playnya terhalang.

Next turnya aku langsung aja buat benteng scapegoat + imperial order. Lawan hampir gak bisa apa-apa sih tapi dia masih unggul resource. Ampir aja aku disana skup karena ngerasa gaada harapan karena lawan main banget. Tapi ya akhirnya aku bertahan aja hingga akhirnya bisa ngebuat avramax + asf. Lawan ke lock dan saya nyicil ngabisin resource lawan sambil ngumpulin resource sendiri.

Akhirnya lawan melakukan keputusan dengan ngabisin resource nya. Dia pake 2 XYZ dimana ngabisin 4 monster gede nya cuman buat ngalahin avramax + asf. Dia bikin truking vfd dan infinitrack. Tapi ya akhirnya resource kita sama sama abis karena avramax vs vfd, infinitrack vs compulsory.

Untungnya field aku jadi duluan. Saya berhasil bikin toadally dan untungnya ketarik semua trap mst jadi dia gabisa bikin field spell. Ya tinggal bertahan 1 turn sih karena di next nya saat summon swap pasti OTK borrelsword.


Game 2
Ini kayaknya game paling gg sih. Lawan ambil first lagi. Dan field nya jadi banget. Dia bikin true king vfd, XYZ generaider sama lopitir dan 2 backrow. Ini bisa dibilang field kuat banget soalnya nanti lopitir bakal ss generaider tukang niget.

Di draw phase vfd eff sebut water. Kelock pasti. Di hand ku ada lava golem, swap, ronin, evenly, 2 trap mst. Disini gg banget sih soalnya waktu di main phase aku langsung tiban pake lava golem dan aku pilih lopitir dan vfd. Karena lopitir bisa manggil megator buat negate evenly!!! Abis itu aku battle phase dan aktifin evenly!!! Field nya abis seketika, tau kenapa? Karena yang harus dia sisain itu token jadi sisanya dibanish face down. Selain itu, token akan destroy di end phase. Inilah kelemahan terbesar generaider. Bener bener abis fieldnya!

Next turn saya bertahan karena lawan gak bisa pasang field karena di destroy terus. Next turn nya jadi kodok dan game pun berakhir.

Result : OO



Pairing 4 Vs Gata (Madolche)

Madolche ini adalah deck yang sedang naik daun juga karena dapat support baru yang jujur sangat membuat ngeplus buat deck ini. Permainan deck ini bisa generik XYZ rank 4. Dan bisa clear board lawan dengan XYZ madolche nya yang non destruktif. Selain itu trap barunya punya fungsi banyak termasuk niget niget sehingga membuat deck ini lebih konsisten.

Game 1
Aku dapat first turn. Disini kartuku bagus sekali. Aku bisa bikin kombo terkuatku. 1 toadally + 3 backrow. Tapi ternyata lawan hand bagus juga. Dia mencoba bermain dan buat baguska, tapi ku strike, dia pasang spell2 aku heavy storm, dia mau ss aku niget toadally hingga field nya kosong. Next turn turun swap = OTK Borel sword

Game 2
Disini saya melakukan kesalahan yang sangat fatal. Karena sedikit berbeda dengan platform lain, saya tidak pencet swap saat siding hingga akhirnya saya tidak merubah satupun kartu di deck. Tapi yasudah mau bagaimana lagi.

Tapi untungnya lawan ternyata bandnya sangat jelek, dia gak melakukan apapun selain pasang field set 2 kartu dan summon 1 monster. Next turn alhasil saya langsung kombo set 5 back row. Disana kita adu resource hingga saya sampe harus keluarkan judgement yang buat lp saya kritis. Tapi lawan pun kesusahan karena permainannya selalu saya ganggu.

Dengan saling beradu resource akhirnya saya jadi duluan. Saya berhasil summon toadally duluan karena deck saya menjawab!!! Saat saya berharap ketarik kodok ternyata beneran ketarik. Karena selama ini saya menahan lp yang kritis dengan monster paleo trap

Akhirnya karena sudah jadi, sangat enak untuk negare semua hal. Dan next turn, karena summon swap saya bilang kalau saya bisa bikin borrelsword dan ya game berakhir disini.

Result: OO


Saya finish di posisi 5. Posisi yang sangat lumayan bagi saya yang hanya menggunakan deck yang sudah sangat lemah dan kena ban list. Hal ini yang membuat fun bagi saya. Bisa mengalahkan deck superior hanya dengan deck inferior.

Saya yakin, deck yang kuat itu bukan bagaimana kita build dengan sesuai referensi dari orang lain yang sudah sukses, tapi bagaimana kita merasa nyaman dalam menggunakan build yang kita gunakan

Mungkin itu saja report dari saya. Terimakasih sudah membaca!!!!

0 Response to "Report Turney YUGIOH Corona Series 2020"

Post a Comment