Review Manga: Solo Leveling, Manhwa Terbaik Saat ini!

Review Manga: Solo Leveling, Manhwa Terbaik Saat ini!

Nampaknya kita tidak akan pernah kehabisan hiburan komik. Karena walaupun banyak sekali komik-komik besar yang tamat, manga baru yang memiliki kualitas terbaik terus muncul, salah satunya adalah Solo Leveling.

Sebenarnya Solo Leveling ini termasuk manhwa atau komik korea. Dan saya rasa komik ini adalah manhwa terbaik saat ini, dimana bahkan menurut saya pribari kualitasnya melebihi God of High School maupun the Gamer. Karena hal ini, banyak orang yang tertarik dan mulai mencari review mengenai Manhwa Terbaik Solo Leveling.

Penggemarnya begitu bertumbuh sangat cepat di dunia, walaupun pada hari ini 11 April 2019, manhwa ini baru memasuki chapter ke-66nya. Walaupun masih tergolong baru, manhwa ini sudah mengisi banyak daftar bacaan para otaku. Karena bagi saya khususnya, saya dapat mengetahui manga tersebut seru dan berkualitas hanya dari membaca 3 chapter awal saja.


Mungkin Sobat Juga Tertarik:




Oke dari 66 chapter yang saya baca sampai saat ini (sangat menunggu chapter selanjutnya) beberapa hal yang dapat saya review dari Manhwa Solo Leveling adalah sebagai berikut:


Judul        : Solo Leveling
Author     : Sung-Lak Jang
Genre       : Action, Adventure, Fantasy, Shounen, Webtoon

Sinopsis    :

10 tahun yang lalu, setelah "Gerbang" yang terhubung ke dunia dengan dunia monster dibuka, beberapa hal yang biasa, setiap hari orang menerima kekuatan untuk memburu monster di dalam Gerbang. Mereka dikenal sebagai "Pemburu(Hunter)". Namun, tidak semua Pemburu kuat. Nama saya Sung Jin-Woo, Hunter E-rank. Saya seseorang yang harus mempertaruhkan nyawanya di dugeon paling rendah, "Terlemah Di Dunia".

Apa pun yang ditampilkan, tidak memiliki keterampilan, saya hampir tidak mendapatkan uang yang dibutuhkan dengan bertarung di dugeon tingkat rendah setidaknya sampai saya menemukan dugeon tersembunyi dengan kesulitan terberat dalam dugeon D-rank! Saya menerima kematian, tiba-tiba saya menerima kekuatan aneh, misi yang hanya bisa saya lihat, rahasia kenaikan level yang hanya saya yang tahu! Jika saya dilatih sesuai dengan pencarian saya dan monster yang diburu, level saya akan naik. Berubah dari Hunter terlemah menjadi Hunter S-rank terkuat!


Baca Juga :


Reviwe Solo Leveling:


Manhwa ini menceritakan perjalanan zero to hero seorang ..... Yang benar benar sesuai dengan judulnya "Solo Leveling". Ya karena dia setiap harinya leveling up secara solo atau sendirian.

Dia terlahir di dunia dimana tiba tiba muncul gerbang yang menuju dimensi para monster. Kemunculan gerbang ini juga menyebabkan banyak orang " terbangkitkan" dan mendapat kekuatan yang melebihi orang biasa. Orang-orang terbangkitkan ini biasa disebut "Hunter" dan hanya mereka yang dapat memasuki gerbang menuju dimensi para monster.

Para Hunter ini memasuki gerbang untuk memburu para monster, karena apabila tidak, sebaliknya para monster ini yang akan keluar gerbang dan membunuh manusia. Gerbang ini akan segera tertutup saat boss monsternya telah dikalahkan.

Hunter ini benar benar seperti game Moba dimana memiliki berbagai profesi. Namun yang utama ada Tanker, Warrior, Magician, dan Assasin, lalu profesi lain adalah turunan dari 4 profesi utama tersebut. Selain itu kekuatan Hunter ditentukan oleh Ranknya. Dimulai dari E yang terlemah dan selalu dibully hingga A. Namun ada kelae terkuat yang dinamakan Rank S. Selain itu gerbang pun dikategorikan kekuatannya dari E hingga S

Namun para hunter ini ternyata memasuki gerbang dan membunuh monster karena selain melindungi manusia, ia mampu mendapatkan uang dari penjualan banyak barang dan sisa tubuh monster di gerbang tersebut. Para Hunter inipun tergabung dalam lembaga yang bernama Guild. Di manhwa ini, bahkan kekuatan militer dan negara tidak mampu mengontrol kekuatan Guild.


Baca Juga : Rekomendasi 10 Anime Terbaik di Tahun 2019


Beberapa hal yang saya rasakan dari membaca manhwa ini adalah sebagai berikut:

1. Kualitas Gambar yang Luar Biasa


Hal yang dapat saya riview dari manhwa Solo Leveling pertama adalah kualitas gambar yang sangat luar biasa. Bahkan saya berani mengatakan jika saat ini kualitas gambarnya adalah yang terbaik sampai saat ini.

Selain itu pewarnaannya pun sangatlah baik. Walaupun sedikit lebih cerah atau mencolok dibanding genre action yang lain, namun malah hal tersebut menjadi suatu keunikan dari Solo Leveling. Selain itu gradasi warna dan shadow efek yang ditunjukan sangatlah baik yang membuat manhwa ini terlihat lebih hidup


Baca Juga :

2. Pertarungan Yang Seru


Manga action tentunya harus menampilkan pertarungan epic dan seru. Saya rasa manhwa ini telah berhasil menampilkan pertarungan yang unik dan tidak membosankan. Bahkan walaupun manhwa ini memiliki teks yang bisa dibilang panjang, hal tersebut tertutupi dengan sesi aksinya yang seru.

Selain itu, kualitas gambar dari manhwa inipun sangat membantu menunjukan pertarungan yang sangat seru. Dengan efek yang sangat baik, dan pertarungan yang tidak selalu dengan monster, namun adapula antar manusia membuat manhwa ini sangat layak untuk dibaca.



Baca Juga : Review Anime: Onepunch-man Season 2, Recomended!!!


3. Cerita yang Unik


Saya rasa Solo Leveling punya cerita yang mampu menghipnotis pembacanya untuk masuk kedunia didalam komik. Ceritanya dibawakan dengan tempo yang cepat namun santai. Hal ini dapat terlihat dari chapternya yang masih mencapai 66. Namun telah memiliki kedalaman dan cerita yang banyak.

Selain itu, penggabungan action dengan efek cerita yang seperti dalam game memberikan kesan yang berbeda. Rasanya kita sedang membaca manga gabungan dari SAO dan The Gamer.


4. Rasa Penasaran yang Terus Menerus


Penulis manhwa ini memang benar-benar tau caranya membuat penggemar penasaran. Banyak chapter yang diakhiri oleh penyelesaian yang menggantung. Hal ini membuat banyak pembaca yang sangat penasaran karena harus menunggu seminggu untuk update terbaru.

Namun kabar baiknya adalah hal itu sepadan karena chapter yang ditunggu biasanya sangat seru, meskipun terkadang adapula yang kurang memuaskan. Tapi keseluruhan, masih banyak misteri yang belum terungkap dalam manhwa ini



Baca Juga : Rekomendasi 10 Anime Movie Terbaik Sepanjang Masa


5. Pelajaran Hidup


Tentunya harus ada yang daoat diambik dari setiap komik yang kita baca. Salah satunya pelajaran hidup. Seperti dari karakter utama dari manhwa ini. Ia terus berjuang meskipun sangat lemah, demi ibu dan adiknya. Selain itu ia tidak pernah kabur dan meninggalkan rekan-rekannya meskipun ia adalah yang paling lemah.

Lalu meski ia telah kuat dengan konsekuensi banyak emosinya yang hilang, ia tetap berpegang teguh pada pendiriannya dimana ia sangat menyayangi ibu dan adiknya.


Baca Juga : Rekomendasi 11 Manhua/Komik Cina Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa Manga atau Komik yang Mirip Solo Leveling

Kalau yang sama banget susah, namun yang serunya serupa mungkin ada beberapa rekomendasi komik mirip solo leveling
- The Gamers
- The God Of High School
- Hardcore Leveling Warrior (Paling mirip konsepnya)
- Tower of God

Ya itulah beberapa review singkat dari Manhwa Terbaik, Solo Leveling. Apabila teman teman masih ragu untuk membacanya, saya yakinkan bahwa saya belum menemukan manhwa yang lebih baik dari manhwa ini.

1 Response to "Review Manga: Solo Leveling, Manhwa Terbaik Saat ini!"