Pengalaman dan Tips Tes Schlumberger Indonesia

Pengalaman dan Tips Tes Schlumberger Indonesia

Hello semua..
Saat ini saya akan membagikan pengalaman tes schlumberger saya kemarin beserta tips dan trik nya. Tapi yang harus teman tau adalah saya gagal di fgd. Namun pengalaman tes saya akan saya bagikan buat teman-teman. 

Jujur hal ini saya lakukan karena waktu kemarin saya mencari informasi mengenai tes schlumberger walau memang banyak di google namun saya kurang puas. Sehingga saya harap informasi yang akan saya buat ini dapat memuaskan teman-teman semua.


Review Singkat Schlumberger
energy.mit.edu

Oke sebelumnya saya ingin memberi tau dahulu. Schlumberger itu adalah perusahaan multinasional oil and gas services terbesar di dunia. Kayaknya 70% anak teknik mau masuk sini karena perusahaan ini salah satu yang terbaik untuk memulai karir. Bayangkan saja kalau kalian jadi alumni sini, skill gaakan di ragukan dan bahkan banyak perusahaan yang bakal menerima.

 Oiya jadi bedanya perusahaan oil and gas dan yang service itu kalau perusahaan servicesnya seperti slb, dia akan melakukan penambangan minyak, dari mulai perencanaan hingga keluar minyak atau gasnya. Setelah itu diserahkan pada perusahaan oil and gas untuk mengelola seperti pertamina. Perusahaan ini multinasional sehingga kalian punya banyak peluang berkembang karena rekan kerjanya banyak bule.



Tempat dan Waktu Tes

Untuk waktu, biasanya slb (schlumberger) melakukan 3 tes awal diawal tahun sekitar bulan februari - april. Sedangkan tes lanjutan dilakukan setelahnya yang bisa saja waktunya tidak menentu.

Untuk tempat sendiri, kebanyakan dilakukan di kampus-kampus di Indonesia. Setau saya ada 2 jenis yaitu untuk sarjana dan diploma. Masing-masing dari jenis ini biasanya dilakukan di 3 tempat dan waktu yang berbeda. Untuk sarjana biasanya dilakukan di UI, ITB dan ITS. Sedangkan untuk diploma biasanya dilakukan di POLBAN, PNS, UGM, dan balikpapan. Buat temen temen yang kuliah disana, akan sangat beruntung karena tidak usah jauh-jauh.



Pakaian Untuk Tes Schlumberger

Ini adalah salah satu informasi yang saya cari saat akan melakukan tes karena memang tidak ada informasi yang memuaskan tentang ini. Jadi saya akan coba membagikannya pada teman teman semua. Oke mungkin semua bingung mau pakai baju formal, semi-casual atau bagaimana.

Jujur saat tes schlumberger teman teman hanya perlu "rapi dan sopan". Jadi tidak ada yang salah menggunakan pakaian yang sangat formal. Tapi saran saya seperti ini :

Untuk laki-laki :
- Gunakan celana jeans
- Pakai kemeja yang rapi namun tidak formal banget. Bisa juga pakai kemeja pendek atau yang bermotif. Kemeja himpunan atau organisasipun boleh
- Jangan gunakan warna yang mencolok
- Pakai sepatu yang sesuai (bahkan boleh sneaker)
- Sisir rapi rambut
- Gausah pake parfum berlebihan

Tapi jika tidak ada yang punya pakaian yang cocok, gunakan saja pakaian casual seperti biasa dengan celana bahan, kemeja dan sepatu kulit seperti biasanya tes kerja. Yang penting percaya diri. Karena biasanya dress code nya adalah "smart casual".


Untuk perempuan menyesuaikan asal rapi dan sopan. Saran sih pakai celana daripada rok.

Tapi ini hanya untuk sampai fgd saja ya. Untuk yang lolos tahap inverview tetap pakai pakaian yang formal.

Logika pertama seperti ini. Gunakan pakaian yang sesuai dengan orang yang mengadakan test. Bayangkan hingga fgd di tes schlumberger semua reviewer pakai baju yang casual. Menggunakan polo shirt bertuliskan schlumberger, celana jeans dan sneakers. Jadi sangat aneh jika yang dites sangat rapi banget.

Jadi intinya menyesuaikan dengan yang melakukan tes. Tapi ya jangan terlalu casual juga karena logikanya kita harus lebih rapi dari yang mengetes. Untuk di hrd biasanya menggunakan formal karena yang mengetes juga formal.

Logika kedua adalah schlumberger adalah perusahaan oil and gas services dimana kita nanti bakal kerja dilapang bukan di kantor. Dengan menggunakan pakaian semi formal kita menunjukan bahwa kita siap ke lapangan. 

Saya sendiri kemarin menggunakan celana jeans, kemeja lengan panjang dan safety shoes.



Tahapan Tes

Untuk tahapan tes sendiri dibagi menjadi beberapa tahap. Biasanya dimulai dari seleksi awal (cv), communication test, aptitude test, fgd (forum grup dynamic), interview hrd, interview user dan medical check up. Namun saya hanya akan berfokus hingga tes fgd saja karena saya tidak lolos hingga ke interview.

Oh iya jangan lupa semua sesi tes schlumberger ini dilakukan dengan bahasa inggris. Jadi ya persiapkan kemampuan bahasa inggris teman teman.


0. Seleksi Awal (CV)

Diseleksi ini biasanya kalian diminta cv dan transkrip nilai terakhir. Karena test ini bisa diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir. Jadi siapkan cv teman-teman. Pada test ini biasanya yang jadi patokan adalah ipk. Biasanya slb membutuhkan mahasiswa dengan ipk minimal 3. Jadi ya maaf kalau yang kurang dari segitu memang susah masuknya.

Biasanya cv diupload online di halaman web recruitment slb. Kalau kita lolos akan dapat email dari slb yang mengundang kita untuk mengikuti tes. Namun jujur beberapa teman saya tidak mendapat email balasan walau ipk nya di atas 3. Namun jangan galau, buat yang ipk 3 atau yang tidak sempat daftar biasanya langsung datang saja saat tes berlangsung dan daftar pada pagi harinya. Its ok kok.


Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, acara biasanya diawali dengan pengenalan perusahaan dan pengenalan pihak yang melakukan tes disana. Biasanya berlangsung sekitar 2 jam yang dilakukan dalam bahasa inggris. 



1. Communication test

Untuk tes ini tentunya yang dilihat adalah kemampuan bahasa inggris kita. Di awal kita akan diberi kartu nomor peserta, dimana nomor tersebut akan kita gunakan hingga akhir tes. Nomor tes itu akan mempengaruhi dengan siapa kita akan di tes pada sesi ini.

Biasanya ada 4-5 orang yang mereview bahasa inggris kita. Waktu itu ada 300 orang yang daftar sehingga kalau tidak salah reviewer 1 melakukan tes pada no 1-67 dan seterusnya. Reviewer akan duduk dibangku saat communication tes dan peserta akan mengantri untuk melakukan communication test. Antrian ini tidak sesuai nomor kok. Yang siap bisa maju duluan.

Test nya biasanya kita akan diberikan sebuah kartu yang didalamnya ada kata secara random. Setau saya pada tes schlumberger tahap ini ada 2 garis besar pertanyaan yaitu describe something dan studi kasus. Setelah kita mendapatkan pertanyaan, kita harus menjawab dengan lancar. Tidak usah terlalu berpatokan pada jawaban karena yang dilihat adalah bahasa inggris kita dan pola pikir kita.

Beberapa pertanyaan kemarin yang saya temukan adalah seperti berikut :
- What do you think about slb?
- describe responsibility
- describe pearl
- what the new invention in this century ?
- How do you explain your mistake to your manager

Dan lain lain.

Pada tahap ini dari 300 menjadi 200. Dan ada 1 teman saya yang tidak lolos. Selain itu waktunya 3 menit tapi ada yang lama dan ada yang cepat. Waktu itu saya tergolong cepat.

Tips Comminication Test Schlumberger :
1. Percaya Diri
2. Latih bahasa inggrismu
3. Hubungkan jawaban dengan pekerjaan contohnya saat saya kemarin diberi pertanyaan what do you think about slb? Saya menjawab kurang lebih seperti ini "saya tau slb adalah perusahaan multinasional yang besar. Bersamanya saya dapat memberikan ilmu dan skill saya secara efektif dan efisien. Saya harap saya bisa tumbuh dan berkembang bersama perusahaan ini". Singkat dan gak nyambung kan? Tapi it works! Asalkan kota pede dan lancar
4. Tekankan kalau kamu bisa dan kamu percaya diri. Biasanya diawal akan ditanya how are you dan what is your name. Saat menjawab tambahkan kata "sir" yang membuat ketegasan dan kesiapan. Misalkan "im fine sir, my name is blabla sir".



2. Aptitude Test

Test ini mudahnya adalah tes tulis. Tapi bukan seperti psikotes, tes ini benar benar menguji kemampuan kita sebagai engineer. Tesnya kurang lebih terdiri dari fisika, matematika, kelistrikan, logika dan tes gamtek. Sejujurnya bagi teman teman yang sudah merasakan sbmptn pasti akan merasa soal ini tidak terlalu sulit.

Kesulitan yang saya hadapi adalah ya memang semuanya bahasa inggris dan ngitungnya ribet. Pertama karena banyak hitungan dan tidak boleh pakai kalkulator (sudah terbiasa pakai kalkulator) dan satuannya berbeda. Misalkan disoalnya banyak yang soalnya inc meter saat ditanyakan volume dalam galon. Kan bingung.

Selain itu total soal 66 yang harus diisi dalam waktu satu jam. Jadi rata rata semua soal harus bisa dijawab kurang dari semenit. Cuman sih overall tes ini sangat menarik dan menegangkan. Ohiya untuk soal gamteknya cuman satu dan hanya proyeksi. Misal ada benda tampak atas dan depan, kita diminta menggambar tampak samping dan 3dnya.

Dari 200an orang yang lolos hanya 70an orang.

Tips Aptitude test schumberger:
1. Berdoa
2. Percaya diri
3. Mulailah dari soal logika dan kelisttikan karena lebih mudah karena gausah ada konversi satuan jadi lebih cepat
4. Saat ada soal yang tidak terisi, isi saja. Andalkan keberuntungan karena tidak ada sistem minus.
5. Pilih jawaban yang paling mendekati agar menghemat waktu. Karena tidak pakai kalkulator sulit untuk mendapat jawaban yang presisi. Sehingga kalau hitungan kalian sudah tau sekitar 3 koma sekian maka pilihlah jawaban yang paling dekat.
6. Fokus pada jawaban sendiri dan waktu karena satu jam akan benar2 tidak terasa.



3. Forum Grup Dynamic

Tes ini menurut saya adalah tes schlumberger tersulit, bahkan jika dibandingkan dengan interview karena kita tak tau pasti patokan yang menjadikan kota lolos. Sebenarnya saya malas untuk membahas bagian ini karena rasanya sakit hehe (karena gak lolos). Tapi buat pembaca tercintah saya coba tuliskan bagian ini selengkap mungkin.

Pada tes ini, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok kurang lebih ada 7-8 orang. Kalian akan diberikan tugas. Tugas yang paling sering adalah membuat rig dari kertas dan selotip yang harus bisa mencapai 1 meter dan dapat menopang 6 buah batre yang gede. Pada sesi fgd ini semua nya harus pakai bahasa inggris. kalo engga setim akan didiskualifikaso langsung.

1. Diskusi (10 menit)

Di sesi ini Kita akan berdiskusi bagaimana desain yang akan kita buat. rencananya. pembagian tugas dan leader grupnya

2. Eksekusi (10 menit)

Disesi ini kita akan melakukan pekerjaan atas apa yang telah kita desain. Atau gampangnya ini adalah sesi membangun rig. Saya rasa apabila diskusinya bagus, eksekusi akan lancar

3. Screening

Disini tiap kelompok akan ditanya mengenai hasil rig yang telah dibuat. Bajk itu gagal atau berhasil semua akan dipertanyakan.

Selain masalah rig ini, ada juga permasalahan mengenai membuat mobil yang dapat melewati gurun dan kutub. Kita harus mendesain mobil tersebut mulai dari mesin, ban, dll. Ada juga fgd mengenai studi kasus dimana kita terhalang oleh beruang dan kita harus memilih barang yang harus diambil.


Tips Tes Schlumberger FGD

1. Jadilah leader kalau yakin berhasil. Karena tentunya akan jadi point plus kepemimpinan kita
2. Jangan jadi leader kalau yakin gagal. Jujur rig saya berdiri namun tidak kuat menopang batre dan ada 2 anggota saya yang menjatuhkan saya dan lolos sedangkan saya engga dan itu benar benar sakit :(((
3. Kerja semaksimal mungkin. Kita harus terlihat sibuk bekerja saat tes bukan bicara
4. Kalau mau menjatuhkan orang lain, lakukan dengan halus
5. Jangan terlalu mendominasi (sepertinya saya terlalu mendominasi karena saya yang merancang dan jadi leader)



Tes Selanjutnya

Untuk interview hrd sendiri karena saya belum mengikuti tes schlumberger yang ini sehingga saya kurang tau. Mungkin tambahan info dari kating saya yang lolos di sesi ini pakailah pakaian yang formal tidak seperti tahap selanjutnya. Pertanyaannya seputar kehidupan sendiri. Maka jadilah diri sendiri saja tapi dengan menunjukan kepercayaan diri bahwa kita sanggup.

Untuk interview user denger-denger kita seperti ditanya teknik banget. sehingga setidaknya kita harus menguasai bidang yang akan kita geluti karena nantinya kita akan kerja disana. Dan yang menginterview adalah calon bos disana. terus katanya kalau sudah lolos tahap ini kemungkinan lolosnya sudah 75%

Untuk tes medis itu lengkap seluruh badan dari mulai pendengaran, tes darah, tredmeal dan lainnya. Tapi katanya tidak sampai buka baju. Paling hanya di ronsen saja.


Mungkin itu saja dari saya. Kalau ada yang kurang boleh di tanyakan di kolom komentar ^^

25 Responses to "Pengalaman dan Tips Tes Schlumberger Indonesia"

  1. Hai, terima kasih sudah sharing tentang pengalamannya, membantu banget infonya. Btw dari jurusan mana ya ?
    Dan saya mau bertanya, bagaimana kalau pada saat screening document yang di awal kita tidak dapat email balasan dari schlumberger, dan btw aku tinggalnya di pulau Sumatera, jadi agak ragu kalau misalnya mau daftar on the spot, mikirnya diterima sama recruiternya atau enggak ;')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya anak teknik hehe. Biasanya kalau screening document itu yang diliat cuman ipk doang. jadi bisa aja kok on the spot soalnya biasanya juga banyak. cuman peluangnya ya tergantung. pertimbangkan juga ongkos dari sumatera hehe

      Delete
    2. sama nih kk, kira2 thn lalu ttp dateng dr sumatra atau gk??

      Delete
    3. saya sekarang sudah d sumatra kak. penempatan di duri

      Delete
  2. Saya dpt balasan email. Tapi secara bersamaan lagi menjalani training. Mau berangkat juga pesimis dengan bahasa Inggris saya, aahh sudah lahh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali, padahal kalau gak lolos juga pengalamannya lumayan lohh soalnya beda sama tes tes yang lain

      Delete
  3. sama gagal di fgd taun kmrn.. tahun ini daftar lagi??

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum ka..makkasih bgt ya buat wejangan dan bagi2 tipsnya..jd nambah pengetahuan ttg test ini..😇btw..aku mau nanya ka..kalo referensi belajar bhs inggris dr kk gmn yaa..soalnya jujur aja bhs inggrisku msh krg bgt hehhe..terima kasih

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum ka..makasih buat bagi2 pengalaman sm tips n triknya ya yahh..membantu bgt buat aku yg jg tertarik buat masuk schlumberger heheh..btw aku mau nanya ka..tips buat belajr bhs inggris dari kaka gmn yaa..soalnya aku masih krg buat bhs inggrisnyaa..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Sama sama 🙏🙏🙏 kalau saya sih gapunya tips trik tapi karena hobi banget baca komik dan novel bahasa Inggris jd ya dikit-dikit bisa walau gak latihan. Cuman kalau mau tes ya coba aja minta ke kakak/adik buat sebutin 1 kata terus kamu coba deskripsiin dalam bahasa Inggris. Coba aja dulu sehari 5 kata insyaAllah pasti jadi lancar 👍👍👍 emang harus praktek. Do'ain juga ya kak saya lagi nunggu pengumuman interview nya nih. Tapi posponed grgr corona, terus juga bikin harga minyak turun. Do'ain juga ya buat siapapun yang baca ini 🙏🙏🙏

      Delete
    2. Wahh..jazakallah khairan atas sharing2ny ka..aamiin mudah2an hasil testny sesuai keinginan dan diberikan yg terbaik

      Delete
    3. Aamiin. Alhamduliah Semoga diberikan hasil terbaik sehat selalu disana ya. Semoga corona segera berakhir

      Delete
  6. kak kalau kita daftar bulan ini gimana ? emailnya dibales kira kira berapa lama ?

    ReplyDelete
  7. Mau nambahi tentang Schlumberger. Segment di Slb banyak dan paling luas dibandingkan service company lain. Dulu mungkin pernah kita dengar geco-prackla, dowell-slb, dll tapi skrg sahamnya sudah dibeli 100% oleh slb jadi namanya cuma slb saja. Dulunya slb terutama di segment wireline (logging) dan memang penuh resiko tapi skrg banyak juga segment yang aman seperti ALS. Sy sdh 3 tahun di slb Artificial lift (ALS) di PKU melayani chevron dan BOB siak. Buat adik2 yang minat jangan berkecil hati, ayo coba terus. Pada dasarnya kita kurang orang meskipun harga minyak lagi amblas karena yang direlease juga banyak (menyesuaikan dengan kebutuhan kerja). 2016 dan 2019 banyak yang direleasi jadi skrg malah rekrut baru lagi (memang sy juga tidak terlalu ngerti krn bukan bagian saya). Gaji fresh grad di tahun 2017 sekitar 20 an untuk di PKU dengan geo coeff 1.4 kali, di balikpapan 1.2 di Jakarta cuma 1 kali. Note, base ALS di Indonesia cuma ada di cikarang dan muara fajar. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak terimakasih tambahannya. kebetulan saya juga sudah masuk di duri tahun ini

      Delete
    2. Wahhh share lagi dongg pengalamannyaa

      Delete
    3. Okay kak tunggu updatenan lagi yaa

      Delete
  8. Salam semua teman teman saya dari duri/riau wilayah kerja schlumberger,hallibhrton,bakerhughes,weatherford

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja di mana bang? kebetulan saya assignment duri juga

      Delete
  9. Bang kalau ditanya gitu jawabnya pake bahasa indonesia apa bahasa inggris, soalnya saya baca dari yang abang tulis jawab pake bahasa indonesia, apa itu udah di translate biar pembaca lebih mudah atau bagaimana.

    Terimakasih, sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa inggris. yang ada di tulisan ini untuk memudahkan saja

      Delete